Wednesday, November 4, 2015

Membuat Database Microsoft SQL Server

Setelah kita melakukan installasi SQL Server. ( How To Install SQL Server 2012 - Step By Step Installation Microsoft SQL Server 2012 ). Tentu tujuan kita setelah melakukan installasi adalah membuat sebuah Database. mungkin sebagian dari kalian sudah tahu bagaimana cara membuat sebuah database, tapi tentu ada juga belum begitu paham cara membuat sebuah database di SQL Server.
Sebelum melangkah ke jenjang yang lebih jauh. alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu database. beberapa pengertian tentang "Database" : 
  • Database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. 
  • Database adalah representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu untuk tujuan tertentu pula.
  • Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan olehpara pengguna
untuk sekarang cukup dulu pengertian tentang databasenya. sekarang kita lanjut Langkah membuat database di SQL Server. kali ini saya akan memberikut tutorial dasar membuat database di SQL Server. kenapa saya sebut sebagai tutorial dasar. karena nanti pada tutorial/materi selanjutnya kita akan mengupas lebih jauh bagaimana cara membuat Database yang baik dan benar. sebagaimana seperti kalian mengenaikan pakaian. harus tepat, cocok dan nyaman digunakan. tapi itu nanti ya, sekarang kita akan membahas dasar membuat database di SQL Server.
Buka Aplikasi SQL Server Management Studio (SSMS).
Start - All Program - Microsoft SQL Server 9999 - SQL Server Management Studio
Connect ke instance yang kalian miliki

Terdapat 2 cara untuk membuat database di SQL Server. Pertama menggunakan UI (User Interface) SSMS dan yang Kedua dengan T-SQL 

Pertama saya akan Mencontohkan membuat Database menggunakan UI (User Interface) SSMS. Setelah Connect ke Instance SQL, Klik Kanan pada Database Kemudian Pilih New Database


Kemudian Muncul Windows "New Database", Ketikkan Nama Database yang akan kita buat, pada Tutorial ini saya. Database yang saya buat dengan nama CreateDb_By_SSMS. Kemudian Klik OK.


Pada Object Expoler (Database) akan muncul Database yang sudah kita buat Menggunakan UI SSMS yaitu CreateDB_By_SSMS.


Cara Kedua adalah menggunakan T-SQL. Contoh pada Tutorial ini saya akan Membuat Database dengan nama CreateDB_By_Query. Berikut adalah T-SQL untuk membuatnya.
 
CREATE Database CreateDB_By_Query 

Ketik T-SQL / Query tersebut pada SSMS kemudian klik Execute /F5. jika T-SQL / Query Success dijalankan. maka akan muncul Message Command(s) completed succesfully. yang menandakan T-SQL / Query berhasil dijalankan tanpa kendala. Untuk melihat Database pada Object Explorer, kalian harus merefresh terlebih dahulu. Cara dengan Mengklik Kanan Pada Database kemudian pilih Refresh. jika sudah maka pada Object Explorer akan Muncul 2 Database yang Kita Buat yaitu CreateDB_By_SSMS dan CreateDB_By_Query.


Cukup mudah bukan cara membuat database di SQL Server. tapi perlu di ingat ya. ini adalah tutorial dasar. yang artinya ini hanyalah dasar dalam membuat sebuah database. pada kenyataannya (kenyataan memang pahit) membuat sebuah database pada sebuah sistem, tidaklah semudah tutorial diatas. banyak aspek yang perlu diperhatikan. jadi tunggu postingkan saya selanjutnya bagaimana cara membuat Database yang Baik dan Benar, dan aspek - aspek apa saja yang perlu kalian perhatikan dalam pembuatan sebuah Database.

0 comments:

Post a Comment